Gunung Pulosari, Gunung yang cocok untuk pendaki pemula di Daerah Banten

Gunung Pulosari, Gunung yang cocok untuk pendaki pemula di Daerah Banten

 Kalau dari namanya memang sama dengan sebuah air terjun yang ada di daerah Pajangan Bantul yang juga bernama Pulosari. Namun kali ini saya akan membahas tentang sebuah gunung yang terletak di kabupaten Pandeglang, Banten. 

Kalau sebelumnya saya telah membahas tentang gunung yang cocok untuk pendaki pemula di daerah Ciamis yaitu Gunung Papandayan, maka Gunung Pulosari ini saya rasa juga cocok untuk pendaki pemula.

Image

ketinggian gunung hanya 1346 mdpl adalah alasannya. Untuk sampai ke puncak hanya dibutuhkan 3 jam saja. Selama perjalanan sobat akan menemukan beberapa tempat menarik seperticurug/ air terjun. Pohon-pohon tropis, hingga kawah yang mengeluarkan belerang.

Gunung Pulosari di Banten adalah sebuah Gunung berapi atau juga disebut stratovolkano. Meskipun demikian gunung ini tidaklah terlalu berbahaya. Gunung yang juga menjadi saksi bisu tentang peradaban masa lalu Banten ini memang tidak begitu populer, akan tetapi gunung Pulosari menyimpan keindahan yang memukau. 

Sesampainya di gerbang Pulosari dengan membayar retribusi sebesar Rp. 5.000,- perjalanan kemudian dilanjutkan melewati jalanan yang menanjak dan berbatu. Beberapa pohon tropis dan kicauan burung akan menjadi teman selama perjalanan.

Setelah melakukan perjalanan sekitar 1 jam gemercik air mulai terdengar. Gemercik air tersebut bersumber dari sebuah air terjun yang bernama curung putri. Dinamakan curung putri karena konon katanya tempat ini digunakan untuk manid para putri atau bidadari dari kayangan. Sebaiknya sobat mengisi botol yang kosong dengan air disini, karena airnya begitu jernih sehingga bisa diminum.

Apabila istirahat dirasa telah cukup, perjalanan bisa dilanjutkan kembali menuju kawah ratu gunung pulosari. perjalanan dari curug putri hingga kawah ratu adalah sekitar 1 jam (jalan santai). Di kawah ratu ini terlihat beberapa kawah yang mengeluarkan asap yang berbau belerang. Sobat bisa mendirikan tenda disini, karena tempat ini merupakan tempat favorit unguk ngecamp. Hal menarik yang dilakukan disini adalah memasak dengan memanfaatkan panas kawah. Caranya dilakukan dengan memasukan mie atau telur dan air bersih kemudian celupkan kedalam kawah. Nah sobat tinggal tunggu matang saja, sangat simpel dan menarik bukan.

Dari kawah ratu di Gunung Pulosari ini setidaknya sibutuhkan waktu sekitar 1 jam lagi untuk mencapai puncak. Dari puncak inilah kita bisa melihat keindahan alam, yang membuat kita akan lebih bersyukur dan mengagumi kebesaran Sang Pencipta. Nah, demikianlah yang bisa saya sampaikan tentang Gunung Pulosari di Pandeglang Banten ini.

Saya hanya bisa berpesan bahwa puncak bukanlah segalanya, namun menjaga gunung agar tetap lestari itu adalah hal yang harus diutamakan di dalam diri pada siapapun ketika mendaki gunung seperti Gunung Pulosari di Banten ini.

Post a Comment

[ADS] Bottom Ads