Pantai Parangtritis, dari Sunset hingga Misteri Nyi Roro Kidul

Pantai Parangtritis, dari Sunset hingga Misteri Nyi Roro Kidul

Jika berbicara tentang pantai yang terkenal di Yogyakarta, Pantai Parangtritis adalah salah satunya. Pantai yang terletak 28 km sebelah selatan Kota Jogja tersebut adalah tempat asik untuk menikmati sunset, bermain ATV ataupun berkeliling pantai menggunakan bendi yang ditarik dengan seekor kuda. Pantai ini memiliki pasir hitam dan dikelilingi oleh bukit kapur. Dibalik keindahannya Pantai parangtritis memiliki misteri tentang ratu penguasa laut selatan atau yang dikenal dengan NYI Roro Kidul.

Pantai Parangtritis terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, DIY. Menurut cerita nama dari parangtritis berasal dari seorang pemuda dari kerajaan Majapahit bernama Dipokusumo. Ia melakukan semedi di kawasan ini, karena melihat air yang menetes (tumaritis) dari sebuah batu karang (parang) ia menamakan kawasan ini dengan nama Parangtritis.

Image

Secara fisik Pantai Parangtritis memang tidak seindah pantai di Gunung Kidul dengan pasir putihnya. Namun tetap saja setiap pekannya animo masyarakat begitu besar untuk berkunjung di Pantai yang terletak di sebelah timur Pantai Parangkusumo ini.

Melihat kearah timur nampak deretan Bukit kapur. Bagi sobat yang berjiwa petualang, bisa mencoba paralayang di bukit tersebut. Atau bermain ATV menyusuri sepanjang pantai juga cukup menantang. Namun jika ingin bersantai, bermain di pinggir pantai dengan membuat istana pasir adalah pilihannya.

Sobat juga bisa berenang di tepi pantai, namun perlu hati-hati karena ada beberapa bagian yang dilarang untuk berenang. Waktu yang tepat untuk datang di Parangtritis adalah sore hari. ketika matahari sudah condong ke barat, senja mulai terlihat remang-remang dengan langit yang berwarna kuning keemasan. Suasana sunset yang romantis pun akan tercipta. Para pemuda-pemudi terlihat asik untuk mengabadikan moment-moment sunset tersebut. Saat malam menjelang beberapa pemjual jagung mulai berdatangan. Sobat bisa menikmati jagung bakar di pinggir pantai dibawah ribuan bintang di langit.

Selain keindahan pantainya, Pantai Parangtritis merupakan tempat sakral. Ketika sobat menginjakan kaki disini, sobat sedang berada di kawasan kekuasaan Ratu Pantai Selatan atau yang disebut dengan NYI Roro Kidul. Sesosok penguasa yang cukup melegenda dengan pakaiannya yang serba hijau. Oleh sebab itu para pengunjung dilarang memakai pakaian yang berwarna hijau. Pantai selatan dianggap satu dari tiga unsur penting masyarakat Jogja. Pantai Selatan ini satu garis lurus dengan Kraton Yogyakarta dan Gunung Merapi. Gunung Merapi yang dianggap sebagai elemen api, Pantai Selatan sebagai elemen air dan Kraton Yogyakaarta sebagai penyeimbangnya. 

Setiap tahunnya di parangkusumo, Sultan Yogyakarta mengadakan upacara persembahan kepada Nyi Roro Kidul.

Akses jalan menuju Pantai Parangtritis terbilang sangat mudah. Sobat tinggal menyusuri Jl. Parangtritis yang membentang dari pojok beteng wetan ke arah selatan menuju pantai. Bagi sobat yang tidak menggunakan kendaraan pribadi, bisa menggunakan bus dengan trayek Jogja - Parangtritis. Tak jauh dari sini sobat bisa menikmati wisata kuliner laut di Pantai Depok.


Post a Comment

[ADS] Bottom Ads